Kamis, 09 Juni 2016

INDAHNYA RAMADHAN

Bulan Ramadhan memiliki keistimewaan tersendiri di banding bulan-bulan yang lain. Bulan Ramadhan merupakan kesempatan besar sekaligus menjadi acuan bagi seluruh umat muslim untuk kembali meningkatkan kuantitas dan kualitas dalam beribadah.

Seperti dalam sebuah hadits dikatakan, “...Barang siapa yang melakukan kebaikan (ibadah sunah) di bulan itu pahalanya seperti melakukan ibadah wajib dibanding bulan yang lainnya. Dan barang siapa melakukan kewajiban di dalamnya, maka pahalanya seperti melakukan 70 kewajiban dibanding bulan lainnya...” (HR. Ibnu Huzaimah)

Oleh karena itu, seringkali umat muslim lebih termotivasi untuk berlomba-lomba dalam kebaikan mulai dari awal hingga akhir ramadhan baik berupa ibadah-ibadah yang sifatnya mahdlah (hablum minallah) ataupun mualamalah (hablum minannas).

Hal ini sebagai penekanan bahwa umat Islam harus membiasakan diri menempatkan tangan di atas untuk memberi kepada orang lain yang pantas menerimanya, seperti memberi sedekah dan memberi makan orang yang berpuasa. Tentang memberi makan orang yang berpuasa, Rasullullah SAW bersabda dalam sebuah hadits, “Siapa memberi makan orang yang berpuasa, maka baginya pahala seperti orang yang berpuasa tersebut, tanpa mengurangi pahala orang yang berpuasa itu sedikit pun juga.” (HR. Tirmidzi).

Dengan berbagi, maka setiap orang bisa meningkatkan rasa empati dan kepeduliannya terhadap keadaan orang-orang disekitarnya yang belum beruntung, dan itu lebih terasa pada saat bulan Ramadhan. Dengan membiasakan diri untuk bersedekah/berbagi kepada orang lain pada bulan Ramadhan, maka insya Allah hal itu akan terus dilakukan secara kontinu walaupun bulan Ramadhan telah berakhir.

2 komentar:

  1. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  2. Assalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh

    Kami Resimen Mahasiswa dan IARMI Satuan politeknik APP Jakarta akan mengadakan acara "KHITAN MASSAL" dan dengan senang mengajak adik-adik semua yang ingin khitan di acara kami....

    GRATIS
    hanya untuk 50 anak

    Lokasi : Auditorium politeknik APP Jakarta (jalan timbul NO. 43 Cipedak, Jagakarsa, Jakarta Selatan)
    Tanggal : Jumat, 23 Desember 2016
    Waktu : 08.00 - 16.30

    ⏳waktu pendaftaran
    06 Desember - 21 Desember 2016 (diperpanjang)

    Persyaratan :
    Anak usia 6-12 tahun

    Format Pendaftaran
    Nama_lengkap # umur # berat badan
    Contoh :
    Muchlis_ahmad # 10 tahun # 30 kg 📝informasi lebih lanjut hubungi Contact person kami
    Laely 085702576133 (wa/sms)
    Laely2 (line)
    Fakhrul +628974384033 (wa/sms/line)

    Jika adik-adik berminat silakan melakukan pendaftaran dengan CP diatas, kami sangat senang apabila adik-adik mau bergabung dengan acara kami.

    Terima kasih atas perhatian dan waktunya, semoga bermanfaat bagi kita semua. Amin ya rabbal'alamin...

    Wassalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh

    BalasHapus

Terimakasih atas kunjungannya